MATSAMA MAN Karimun Mewujudkan Generasi Milenial Moderat, Mandiri dan Berkarakter

*MATSAMA MAN Karimun Mewujudkan Generasi Milenial Moderat, Mandiri dan Berkarakter

MAN Karimun (Humas)- Pada Senin, 17 Juli 2023 MAN Karimun melaksanakan pembukaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) T.P 2023/2024.  Acara dipusatkan di lapangan apel Madrasah Aliyah Negeri Karimun dan Ruang Kelas. Diikuti oleh seluruh siswa baru sejumlah 90 orang, Pembukaan MATSAMA dihadiri Kakan Kemenag Kab Karimun, Pengawas Madrasah, Plt Kepala Madrasah, guru dan tenaga kependidikan. Meskipun sederhana prosesi berlangsung khidmat. 

MATSAMA MAN Karimun diselenggarakan selama 3 hari.  Dimulai pada Seni 17 Juli 2023 dan berakhir pada Kamis, 20 Juli 2023 mendatang. Dibuka secara resmi oleh Drs. H. Jamzuri, M.Si Kakan Kemenag Karimun. Kemudian, dilanjutkan dengan pengalungan tanda pengenal oleh Pengawas Madrasah dan Plt Kepala MAN Karimun kepada perwakilan peserta MATSAMA yakni Ayatullah Syahlan C dan Siti Rahma Nursyifa, setelah itu seluruh siswa peserta MATSAMA secara bersama mengalungkan tanda pesertanya masing-masing.

Terjadwal pada kegiatan MATSAMA dihari pertama, siswa memperoleh sosialisasi dan pembebekalan materi terkait Moderasi Beragama, Tampil sebagai Pemateri yakni Pengawas Madrasah Ibu Yuni Hasnidar yang memang sebelumnya telah mengikuti diklat terkait materi moderasi beragama. Materi disajikan secara sederhana dan kekinian agar mudah dicerna oleh para siswa. Yuni mengatakan, generasi milenial merupakan kaum muda yang masih mengikuti studi, namun mampu menjadi role model terciptanya moderasi beragama. Lebih lanjut Yuni menerangkan, di era digital sekarang, yang menjadi tantangan terbesar adalah bagaimana media sosial dimanfaatkan sebagai medium untuk menyebarkan pemikiran-pemikiran moderat, bukan justru digunakan untuk menyebarkan pemikiran radikal. Sejumlah joke juga  dilemparkan guna membuat suasana menjadi cair dan lebih berwarna. Keakraban pun mulai tampak tidak hanya antar siswa baru namun interaksi siswa terhadap guru pun mulai terbangun.

Materi kedua disampaikan langsung oleh Plt Kepala MAN Karimun Reni Rahmayanti terkait Sejarah Madrasah dan Pengenalan GTK MAN Karimun dengan tujuan salah satunya agar siswa baru lebih awal mengenal madrasah dan isiny, serta diharapkan saat mengikuti kegiatan belajar serta aktivitas lainnya di madrasah mereka tidak canggung lagi. lanjut materi ketiga disampaikan oleh Wakamad. Kesiswaan Sulistyowati, S.Pd tentang Penanaman Karakter dan Literasi madrasah diselingi dengan game guna mengurai kejenuhan.

Reni Rahmayanti Plt MAN Karimun menyampaikan selain menjadi sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru Matsama dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan.

“Saya mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di MAN Karimun kepada siswa/siswi baru semoga menjadi siswa yang baik, memiliki integritas tinggi, disiplin dan berakhlak mulia.” Ucap Reni,