Ajang Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi Kepri Kembali Dilaksanakan di MAN Karimun

*Ajang Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi Kepri Kembali Dilaksanakan di MAN Karimun

MAN Karimun (Humas)- Kompetisi Sains Madrasah (KSM) kembali diadakan. Ajang bergengsi bagi para pelajar madrasah ini diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI).

Pada tahun ini MAN Karimun kembali  menjadi tempat titik pelaksanaan KSM tingkat Provinsi yang berlangsung pada Sabtu, 5-6 Agustus 2023 dengan perincian tingkat MA di hari Sabtu, tingkat MTs dan MI di hari Minggu.  Pelaksanaan KSM sendiri menggunakan tiga sesi, sesi pertama dimulai dari jam 07.30-09.30 mata pelajaran biologi terintegrasi dan sesi kedua dimulai dari jam 10.00 – 12.00 mata pelajaran kimia terintegrasi dan sesi ketiga dimulai dari jam 12.30 – 14.30 mata pelajaran geografi terintegrasi.

Pelaksanaan KSM tingkat provinsi yang kembali dilaksanakan di MAN Karimun pada Sabtu pagi dihadiri oleh Kepala Pendidikan Islam Kabupaten Karimun Bapak M.Khairum bersama tim Bapak Faranudia Julfirdana dan Ibu Ratna Susanti, Plt Kepala MAN Karimun Reni Rahmayanti serta pembimbing dari setiap Madrasah yang hadir.

Lebih lanjut, pada kesempatan tersebut Kemenag Kab. Karimun memberikan pengahargaan kepada siswa/siswi yang telah berhasil meraih juara KSM pada tingkat Kabupaten. Apresiasi tersebut berbentuk pemberian piala dan uang pembinaan. Selain itu, 7 siswa/i MAN Karimun turut berhasil berpartisipasi melaju pada tingkat provinsi antara lain: Cahaya Samtika Ramania (Fisika Terintegrasi), Rivera Destiasa (Fisika Terintegrasi), Putri Maulidina Syafiqah (Biologi Terinterasi), Kamila Khaidira Nurrahmah (Kimia Terintegrasi), Nanda Hafidzatun Aulia (Ekonomi Terintegrasi), Nursyafiqah (Kimia Terintegrasi), Nazhifa Mustari (Geografi Terintegrasi)

Seleksi KSM ini menggunakan sistem komputerisasi atau Computer Based Test (CBT) dengan diawasi oleh proktor yang sudah ahli di bidangnya. Pihak Kementerian Agama berharap, pelaksanaan KSM tingkat provinsi dapat berjalan lancar dan sukses serta menghasilkan bibit unggul sehingga kabupaten Karimun dapat menjadi perwakilan provinsi kepulauan Riau di tingkat nasional dan menjadi juara.

KSM itu lanjutnya bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan sains madrasah secara komprehensif melalui penumbuh kembangan budaya belajar, kreativitas dan meraih prestasi dalam naungan ridho Allah SWT.