Pelaksanaan ANBK 2023 MAN Karimun, Berakhir Lancar

*Pelaksanaan ANBK 2023 MAN Karimun, Berakhir Lancar

MAN Karimun (Humas)-  Pelaksanaan kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) hari kedua Selasa 29 Agustus 2023 di Laboratorium Komputer MAN Karimun kembali dilanjutkan. Meskipun hujan sempat turun sekejap, namun hal tersebut tidak mempengaruhi stabilitas jaringan internet.  Kegiatan ANBK tetap bisa dimulai tepat waktu sesuai dengan jadwal yang ditetapkan secara nasional yakni untuk sesi 1 dimulai pada pukul 07.30 WIB.

Dimonitoring secara langsung oleh perwakilan tim pendis Kemenag Kab. Karimun Faranudia Julfirdana bersama rekan lainnya, ANBK dikawal proktor Riski Firnanda bersama rekan Muhammad Khairi, dan 2 orang pengawas yaitu Shelya Giatna Putri dihari pertama dan Kamarudin dihari kedua. Selama proses pelaksanaan ANBK, tidak ada kendala yang berarti, dan dinilai berjalan dengan lancar.

Menurut laporan yang disampaikan TIM ANBK, jumlah peserta asesmen hari kedua ini masih sama dengan yang hari pertama yakni 45 orang, dan berasal dari siswa perwakilan kelas XI semua jurusan.  Adapun asesmen yang mereka wajib kerjakan hari ini adalah berjenis Numerasi dan Survei lingkungan belajar dengan durasi waktu kerja 130 menit, ujarnya.

Ada tiga kompetensi yang diukur pada ANBK 2023, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) literasi dan numerasi, Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar. Hasil dari ANBK ini nantinya akan menjadi penilaian tiap sekolah dalam bentuk Rapor Pendidikan yang berisi data kualitas satuan pendidikan atau daerah.

Wakamad Bidang Akademik MAN MAN Karimun Zahara, menjelaskan ANBK merupakan kegiatan tahunan yang akan menggambarkan kualitas dari satuan kerja, khususnya dalam hal ini kualitas pendidikan di MAN Karimun.

“Biasanya rapor pendidikan ditampilkan dalam beberapa elemen yang terbagi berdasarkan tiga kompetensi ANBK. Nanti akan muncul dengan beberapa penilaian, misal jika berwarna hijau artinya elemen pendidikan tersebut sudah bagus, namun jika berwarna kuning ada yang perlu diperbaiki, dan jika merah maka harus menjadi perhatian khusus karena harus segera ditanggulangi,” imbuhnya.