PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS MENANGKAP LUAS PELUANG USAHA DENGAN DESAIN GRAFIS

*proses kegiatan Desian grafis pada fun learning project Outing class

Karimun. MAN Karimun- Jumat, 4 Februari 2022 MAN Karimun melaksanakan kegiatan fun learning outing class khusus kelas desain grafis. Pelajaran berbasis entrepreneurship bidang desain yang bertema Design your dream, share your inspiration ini, mengajak siswa untuk mengelola hasil produk yang mereka olah agar tampak cantik dan layak dijual. Uniknya,  dalam kelas keterampilan ini peserta didik diminta berpenampilan menarik dan berbeda dengan kegiatan dikelas sebelumnya. Seperti yang terlihat siswa laki-laki menggunakan tanjak khas kepulauan riau, sementara siswa putri mengenakan sunting yang mereka buat dari barang bekas, mereka terlihat tampan dan cantik.

Kegiatan ini dihadiri oleh siswa kelas 10,11, dan 12 sesuai dengan kelas yang mereka pilih, kegiatan in juga dihadiri oleh orang tua siswa. Semua peserta yang terlibat dalam kegiatan terlihat bersemangat dan antusias  karena mereka belajar serta praktek langsung bagaimana mendesain sebuah stiker. Dalam proses desain peserta didik menggunakan aplikasi Adobe photoshop yang telah diinstal sebelumnya. Mereka dibimbing bagaimana cara mengunakan aplikasi tersebut mulai dari menarik garis, cara meletakkan teks, menentukan warna dan bentuk yang mereka inginkan. Karna dimasa sekarang perlu keterampilan dan pengetahuan secara khusus bagaimana mendesain sebuah stiker atau brand suatu produk menjadi menarik dan bernilai.

Kepala MAN Karimun Yuni Hasnidar, S.Pd, MMPd mengapresiasi kegiatan ini, karena pemateri yang mengisi kegiatan ini merupakan SDM MAN Karimun yakni Fahruli Rozi, S. Sn, dengan pengetahuan beliau yang mumpuni beliau dapat menularkan ilmu informasi dan teknologinya kepada peserta didik. Tentunya beberapa siswa memberikan respon dan tanggapan bahwa kegiatan ini harus terus diprogramkan di MAN Karimun karena merupakan kegiatan yang menyenangkan, sangat real dan konkret. Mereka meyakini bahwa dengan bekal pengetahuan desain grafis mereka dapat mengembangkan produk-produk yang lebih baik dalam bentuk stiker,logo, label sebuah produk. Kegiatan design ini bertujuan mengembangkan kemampuan siswa dalam mendesain dan memanfaatkan keterampilan IT. Dengan adanya desain brand, logo dan stiker yang dibuat, akan membuat barang yang dijual menjadi lebih menarik serta dikenal dikalangan masyarakat.