Pelatihan Desain Pembelajaran Kreatif Dimasa Pandemi Covid-19

*Foto bersama dengan narasumber pelatihan desain pembelajaran kreatif

Karimun. MAN Karimun – Madrasah Aliyah Negeri Karimun kali ini mengadakan kegiatan pelatihan desain pembelajaran kreatif bagi tenaga pendidik. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama dua hari mulai jum’at, 17 Februari 2022 dan Sabtu, 18 Februari 2022, yang diikuti oleh 18 orang tenaga pendidik. Pelatihan tersebut mengangkat tema “Transformasi Pendidikan Abad 21 Bermutu dan Berkarakter”.

Dari penyampaian Drs. H. Hendri, M. Ed, selaku narasumber dari Widyaswara BDK Padang, Pelatihan desain pembelajaran kreatif bagi tenaga pendidik ini bertujuan, untuk meningkatkan profesionalisme guru sebagai tenaga pendidik, terutama dalam menghadapi permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran dimasa pandemi.

Hendri merinci beberapa materi pelajaran yang disampaikan kepada para peserta pelatihan. Di antaranya, muatan RPP 1 lembar, desain pembelajaran dan penilaian, praktek mengajar perkelompok serta brain stroming menarik. Khusus hari pertama pelatihan diisi dengan materi bagaimana menjadi guru professional, sedangkan hari kedua diisi dengan bagaimana menerapkan desain pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa didalam kelas, dan dilanjutkan dengan praktek mengajar.

Dari pelatihan yang telah dilaksanakan selama dua hari tersebut, Yuni Hasnidar selaku kepala madrasah berharap, dapat membantu guru MAN Karimun memfasilitasi kegiatan belajar, sehingga suasana belajar menjadi kondusif dan nyaman serta mengemas bahan pembelajaran dengan menarik, sehingga siswa juga dapat terangsang untuk melakukan kegiatan-kegiatan kreatif dan menyenangkan.