Antusias hari pertama kembali ke madrasah: Lebaran Ceria ala MAN Karimun

*Halalbihalal dan Lebaran bersama GTK MAN Karimun

*Momen lebaran bersama siswa di kelas

Karimun. MAN Karimun- hari pertama kembali ke Madrasah pasca libur lebaran Idul Fitri1443 H disambut antusias oleh warga madrasah. Pada (09/05/2022) para guru dan staf Tata Usaha MAN Karimun gelar halalbihalal bersama seluruh siswa. Kegiatan beraye bersama merupakan budaya turun temurun masyarakat melayu Kepulauan Riau. Budaya baik ini pula sangat sesuai diterapkan di madrasah. Selain sebagai ajang silaturahim beraye bersama di madrasah sebagai pengganti diri yang belum sempat berkunjung ke rumah secara langsung. Inti dari kegiatan ini adalah saling bermaafan dan meningkatkan keakraban sesama warga madrasah baik itu kepala madrasah kepada GTK, siswa kepada gurunya atau sebaliknya.

Halalbihalal dimulai pada pukul 08.00, dengan rangkaian kegiatan pembukaan, sambutan kepala madrasah, doa, bersalamam-salaman (mushafahah) dengan seluruh guru dan tenaga kependidikan kemudian dilanjutkan dengan kunjungan lebaran antar kelas. Teknis kunjungan dalam kegiatan tersebut dimulai dengan pembagian tim GTK MAN Karimun yang dibagi menjadi 6 kelompok kemudian secara bergiliran berkunjung ke kelas-kelas layaknya suasana lebaran di kampung halaman.

Menariknya GTK dan siswa MAN Karimun sepakat menggunakan pakaian lebaran kesayangan masing-masing. Suasana hari itu benar-benar cerah berwarna sesuai dengan pakaian yang digunakan oleh warga madrasah full color. Setiap kelas yang menjadi tuan rumah bertugas mempersiapkan serta mendekor kelas mereka menjadi stand lebaran. Mereka berbagi tugas dan peran. Mulai dari membawa kue, minuman, gelas, toples, taplak meja dan perlengkapan lainnya. Kelas didekor sesuai kesepakatan bersama. Ada yang menggelar tikar dan karpet, ada juga yang menata meja dan kursi jamuan. Seketika suasana lebaran benar-benar tercipta di MAN Karimun.

Belum lagi saat akan memasuki kelas berjejer penyambut tamu menebar senyum dan sapa nan ramah. Menjadi lebih bersemangat ketika melangkah memasuki ruangan tersaji toples-toples cantik berisi aneka kue. Beragam minuman kaleng  disiapkan. Saat menikmati kue dan minuman lebaran itulah turut disajikan pula musik lebaran oleh operator kelas menjadikan suasana lebaran lebih menyenangkan.

*mushafah, kepala madrasah disambut saat berkunjung ke kelas

Adapun Kepala MAN Karimun Yuni Hasnidar dalam sambutannya, menyampaikan ucapan maaf minal aidin walfaidzin dan ucapan syukur atas nikmat kesehatan sehingga dapat merasakan indahnya halalbihalal bersama seluruh GTK dan siswa. Berharap dengan seluruh amal ibadah yang telah dikerjakan selama bulan Ramadhan, dapat mencapai kemenangan tidak hanya secara pribadi, tapi juga sebagai satu kesatuan dan kekeluargaan.

“dengan kegiatan ini kita berharap dapat meningkatkan hubungan silaturahim keluarga besar MAN Karimun. Beliau berharap semoga awal yang baik ini dapat memompa semangat belajar mengajar dan mengoptimalkan tugas kerja masing-masing di Madrasah.”pungkasnya.

menjalin silaturahim bersama siswa siswi MAN Karimun