MAN Karimun Launcing Pembukaan P5 PPRA

*Pembukaan kegiatan P5 PPRA MAN Karimun

MAN Karimun (Humas)- Peserta didik Madrasah Aliyah Negeri Karimun memulai rangkaian kegiatan P5 PPRA  yang resmi dibuka oleh Plt Kepala Madrasah pada Kamis, 27 Juli 2023 di Ruang Pertemuan.  Rencananya, total ada 3 proyek P5 PPRA yang akan dilaksanakan dalam tahun pelajaran 2023/2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh seluruh siswa dan siswi kelas X yang memang pada tahun ini perdana memulai kurikulum merdeka. Sedangkan untuk kelas XI dan XII tetap melanjutkan kurikulum sebelumnya.

Pembukaan kegiatan P5 PPRA dimulai pada pukul 09.00 setelah pelaksanaan pembelajaran, selain siswa kegiatan tersebut dihadiri oleh Plt Kamad, Wakamad dan fasilitator P5 PPRA dari semua guru yang mengajar di kelas X. Setelah pembukaan selesai, kegiatan P5 PPRA yang terjadwal diadakan setiap hari Kamis ini, dilanjutkan dengan pengarahan terlebih dahulu kepada siswa kelas X.

Terjadwal khusus pda Kamis, 27 juli 2023 rundown kegiatan siswa dimulai dengan sosialisasi tentang teknis P5 PPRA pada projek perta, dilanjutkan pembagian kelompok oleh wali kelas, kemudian mencari literasi dalil al-Qur’an yang berhubungan dengan SDM dan menggali potensi sumber daya alam disekitar madrasah.

Reni Rahmayanti selaku Plt Kepala Madrasah MAN Karimun menyampaikan bahwa pembelajaran P5 PPRA ini akan tercatat dalam raport yang berisi penilaian saat peserta didik melaksanakan pembelajaran tersebut. Tentunya raport P5 berbeda dengan raport kurikulum yang biasa karena raport P5 PPRA bukan berupa angka melainkan nilainya BB (Belum Berkembang), MB (Mulai Berkembang), BSH (Berkembang Sesuai Harapan), dan SB (Sangat Berkembang).

“Pembelajaran tersebut merupakan implementasi atau rangkaian pembelajaran dari kurikulum merdeka. Produk yang harus dihasilkan dari pembelajaran P5 PPRA dikelas X dalam setahun minimal tiga produk, harapannya siswa siswi MAN Karimun dapat menjadi sebagai penerus bangsa yang unggul dan produktif, pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila, serta dapat turut berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkesinambungan.” tambah beliau.