MATSAMA MAN Karimun Mewujudkan Generasi Milenial Moderat
*Sambutan sekaligus pengalungan tanda pengenal peserta MATSAMA oleh Kamad

Karimun. MAN Karimun- Pada Rabu, 13 Juli 2022 MAN Karimun melaksanakan pembukaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) T.P 2022/2023.  Acara dipusatkan di lapangan apel Madrasah Aliyah Negeri Karimun. Diikuti oleh seluruh siswa baru sejumlah 53 orang, Pembukaan MATSAMA dihadiri Kepala Madrasah, guru dan tenaga kependidikan. Meskipun sederhana prosesi berlangsung khidmat.

MATSAMA MAN Karimun diselenggarakan selama 3 hari.  Dimulai pada Rabu 13 Juli 2022 dan berakhir pada Jum’at 15 Juli 2022 mendatang. Dibuka secara resmi oleh Yuni Hasnidar selaku Kepala Madrasah Aliyah Negeri Karimun. Kemudian, dilanjutkan dengan pengalungan tanda pengenal oleh Kamad kepada perwakilan peserta MATSAMA yakni M. Raihan Dwi Kurniawan dan Syantika Wulan Mulia Ningsih, setelah itu seluruh siswa peserta MATSAMA secara bersama mengalungkan tanda pesertanya masing-masing.

Terjadwal pada kegiatan MATSAMA dihari pertama, siswa memperoleh sosialisasi dan pembebekalan materi terkait Moderasi Beragama, Tampil sebagai Pemateri yakni ibu kepala madrasah yang memang sebelumnya telah mengikuti diklat terkait materi moderasi beragama yang menjadi cita-cita besar kementerian Agama. Materi disajikan secara sederhana dan kekinian agar mudah dicerna oleh para siswa. Yuni mengatakan, generasi milenial merupakan kaum muda yang masih mengikuti studi, namun mampu menjadi role model terciptanya moderasi beragama. Lebih lanjut Yuni menerangkan, di era digital sekarang, yang menjadi tantangan terbesar adalah bagaimana media sosial dimanfaatkan sebagai medium untuk menyebarkan pemikiran-pemikiran moderat, bukan justru digunakan untuk menyebarkan pemikiran radikal. Sejumlah joke juga  dilemparkan guna membuat suasana menjadi cair dan lebih berwarna. Keakraban pun mulai tampak tidak hanya antar siswa baru namun interaksi siswa terhadap guru pun mulai terbangun.

Sesuai dengan pesan Kurikulum merdeka belajar, siswa peserta Matsama benar-benar dikondisikan bebas merdeka dalam menyampaikan ide-idenya ketika berpendapat. Berbekal media kertas origami warna-warni, siswa membentuk kelompok berdasarkan warna kertas yang diperolehnya. Mereka menuliskan apa saja jenis masalah/konflik yang dtemukan di masyarakat. mengapa terjadi? Apa pemicunya? Bagaimana solusi bijak menyelesaikan permasalah dan lain sebagainya. Terakhir tiap-tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kerja kelomponyak. Inilah bagian kecil dari aktivitas yang dilakukan peserta pada materi moderasi beragama. Sungguh, materi yang menyenangkan karena memicu seluruh peserta terlibat aktif.

 Selanjutnya, sebagai penguatan karakter religius, peserta Matsama diharuskan  melaksanankan shalat dhuha. Pemahaman terhadap tata tertib madrasah tak kalah pentingnya. Ada juga selingan game guna mengurai kejenuhan. Kepala MAN Karimun menyampaikan bahwa MATSAMA merupakan kegiatan pengenalan lingkungan madrasah yang rancang setiap  awal tahun pelajaran baru.Tujuannya, agar siswa baru lebih awal mengenal madrasah dan isinya. Diharapkan saat mengikuti kegiatan belajar serta aktivitas lainnya di madrasah mereka tidak canggung lagi. “Saya mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di MAN Karimun kepada siswa/siswi baru semoga menjadi siswa yang baik, memiliki integritas tinggi, disiplin dan berakhlak mulia.” Ucap Yuni Hasnidar,